Rabu, 01 Agustus 2012

Review Materi Interaksi Pertama PPAB MTI 2012

Hari Rabu tanggal 1 Agustus 2012 adalah hari pertama interaksi PPAB MTI 2012. Pada hari pertama kami terlambat datang ke GSG. Selain itu kami tidak memenuhi jumlah mininal kehadiran yang berjumlah 161 orang. Setelah dilakukan pengecekan spek, ternyata 56 orang dari kami tidak membawa spek secara lengkap. Akibatnya 56 orang tersebut menerima konsekuensi dari panitia. Di apel pagi tersebut juga kami mendapatkan PJ-PJ baru.
Setelah dilaksanakannya apel pagi kami pun dimobilisasi ke ruang PTI di gedung TI untuk menerima seminar dari Ka Rihan (EL'04). Dari seminar tersebut Ka Rihan menekankan betapa pentingnya tujuan hidup bagi seorang manusia, namun perlu juga adanya kombinasi antara passion dan kesempatan serta tantangan untuk dapat mewujudkan tujuan hidup tersebut.
Setelah mendapatkan materi tersebut kami dibagi kelompok sebanyak 12 buah, kelompok tersebut merupakan kelompok mentoring. Saya mendapat kelompok 7 yang mendapat spot di selasar labtek 5. Mentoring tersebut diawali dengan review materi yang disampaikan Ka Rihan. Setelah itu kami diajarkan untuk membuat visi hidup yang sesuai dengan SMART-C yaitu Spesific, Measureable, Achievable, Realistic, Time bonding and Challanging. Untungnya visi yang saya buat sebelumnya sudah memenuhi kriteria di atas. Visi saya yaitu membangun perusahaan energi terbarukan yang akan saya rintis minimal tahun 2023 dan go public pada tahun 2033. Setelah itu kami diterangkan tentang WOTS yang merupakan strategi diri sendiri terhadap SWOT yang sudah dibuat sebelumnya. WOTS merupakan bagan matriks yang menyajikan data kombinasi dari masing-masing SO,ST,WO, maupun WT dari objek. Setelah itu, kami di ajarkan untuk membuat time capsule atau secara sederhananya merupakan timeline menuju visi hidup yang sebelumnya sudah dibuat. Timeline tersebut saya buat dengan 3 komponen utama yaitu waktu saat berada di kampus ITB sebagai mahasiswa, waktu saat saya telah menjadi sarjana dan berupaya untuk menstabilkan bisnis yang saya buat di bangku kuliah dan yang terakhir adalah waktu dimana saya berupaya untuk menemukan partner dalam upaya perintisan perusahaan energi terbarukan yang menjadi visi hidup saya.
Setelah mentoring kami dimobilisasi ke ruang PTI dan mendapat review tugas dilanjutkan dengan pembagian tugas baru. Setelah itu kami dimobilisasi ke GSG untuk pembubaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar