Selasa, 31 Juli 2012

Visi Misi Hidup


Pada postingan kali ini saya akan sharing tentang visi dan misi hidup pribadi secara garis besar. Mengenai visi hidup, visi hidup saya sangat berhubungan dengan passion saya. Sejujurnya saya sering berganti-ganti passion dalam beberapa waktu. Pada awalnya saya memiliki passion yang sangat besar di bidang keilmuan saintifik khususnya fisika, maka pada saat itu tepatnya kelas 1 SMA saya memiliki visi hidup untuk menemukan teori dan pemahaman-pemahaman baru dalam dunia saintifik khususnya fisika. Munculnya visi tersebut juga saya barengi dengan beberapa usaha agar mampu mencapainya, contoh yang mudah adalah dengan mempelajari sains secara lebih mendalam diluar jam akademis di sekolah. Namun seiring berjalannya waktu, passion tersebut berubah lagi dan dengan itu visi hidup saya pun mengalami perubahan juga.
Pada saat menginjak kelas 2 SMA kebetulan saya sering memegang kepantiaan dalam berbagai acara ektrakulikuler maupun dalam struktur organisasinya. Secara tidak langsung saya yang pada awalnya mengenal diri saya sendiri sebagai orang yang memiliki tingkat sosial yang cukup rendah namun semakin lama saya berorganisasi semakin sering saya bersentuhan dengan dunia sosial. Saya mulai merasa bahwa dunia sosial ini merupakan modal timbal balik bagi saya. Berkaitan dengan itu, sebelumnya  saya memiliki keinginan untuk meneruskan pendidikan tinggi ke jurusan teknik elektro namun karena makin sering saya bersentuhan dengan dunia sosial saya, semua itu berubah termasuk visi hidup, misi hidup dan idealisme pribadi.
Sampai sekarang saya memiliki visi hidup yang bisa dibilang sudah beberapa kali berevolusi namun saya yakin bahwa visi inilah yang akan saya jadikan patokan dalam hidup. Menjadi seorang pengusaha dengan orientasi sosial (sociopreneur) merupakan visi hidup saya sampai sekarang. Membangun sebuah perusahaan energi terbarukan yang mampu memenuhi kebutuhan energi orang banyak adalah tujuan utama yang bersumber dari visi hidup saya.. Saya melihat visi tersebut dari dua sisi, yang pertama dari sisi perusahaan yang akan saya bangun. Hal ini merupakan efek dari passion saya sekarang yang ingin menjadi seorang entrepreneur sebagai jalan hidup dan karier masa depan. Misi hidup yang saya lakukan untuk sisi yang pertama ini adalah dengan berusaha membuat sebanyak mungkin jaringan pertemanan, hal ini berguna untuk mencari partner dengan visi yang sama dalam pembangunan bisnis dan perusahaan nantinya. Kebetulan saya berada di lingkungan pendidikan yang sangat mendukung hal ini, jadi mutlak hukumnya bagi saya pribadi untuk memaksimalkan hal ini dengan cara berteman dan berorganisasi dengan catatan organisasi yang sesuai dengan idelisme dan kemampuan organisasi bisnis saya . Visi hidup dari sisi yang kedua saya tinjau dengan kaitannya dengan kebutuhan energi. Energi merupakan kebutuhan vital bagi umat manusia dan saya rasa dengan menemukan sistem dan produk energi yang dapat terbarukan dapat membantu masyarakat dalam melanjutkan produktivitas dan metabolisme kehidupannya. Misi hidup yang saya lakukan terkait sisi kedua ini adalah dengan mempelajari hal-hal terkait dengan perkembangan energi walaupun tidak intens karena saya sendiri sekarang berada di jurusan yang secara keprofesian tidak fokus pada pemelajaran energi. Untuk itu saya juga tentu menutupi hal tersebut dengan terus berdiskusi dengan orang-orang yang setidaknya berkecimpung di bidang tersebut.
Berkaitan dengan sisi kedua juga, pastinya saya hidup di dunia ini harus dan mutlak mengejar urusan akhirat dan saya meyakini bahwa visi hidup ini memiliki kekuatan tersendiri untuk membantu saya dalam mengejar urusan yang mutlak ini karena menyangkut dengan kehidupan masyarakat luas.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  2. Hallo ranggaa... menjadi sociopreneur itu tanggung jawab yang besar lohh.. apa lagi dalam peran sebagai agen perubahan... sudahka visi kita seperti itu?? hehe.. inget lagi popope nyaa...
    terus yang pasti, visi iu harus SMART-C, jelas... dan visi itu ada jangka pendek, menengah, dan panjang kan??? aku rasa visi kamu masih di yang menengah... Coba gali lagi apa tujuan hidupmu sebenarnya... masih ada yang lebih jauh lohh... semangat^^

    BalasHapus