Kamis, 02 Agustus 2012

Review Interaksi Kedua PPAB MTI 2012


Kamis, 2 Agustus 2012 merupakan interaksi kedua PPAB MTI 2012. Kami di jarkom untuk kumpul di ruang PTI di gedung TI. Sebelumnya saya pribadi memohon maaf karena tidak mengikuti interaksi kedua karena check up karena pada interaksi pertama merasa anemia saya akan kambuh, saya pun disarankan oleh dokter untuk istirahat sampai hari jumat. Pada sore hari saya bertanya kepada teman saya tentang tugas-tugas yang diberikan pada interaksi kedua. Tugas yang pertama adalah memiliki minimal 75 biodata lengkap peserta PPAB di buku angkatan dan membuat review materi interaksi kedua. Selain itu terdapat tugas angkatan membuat tulisan tentang kemahasiswaan dan tugas kelompok mentoring tentang industri di Indonesia. Saya juga menanyakan materi yang disampaikan di interaksi kedua dan materi yang disampaikan adalah mengenai seven tools. Dari pencarian referensi yang saya lakukan, sering saya menemukan bahwa seven tools di gunakan pada pengendalian kualitas dan analisis masalah. Dalam ilmu manajemen, seven tools merupakan alat manajemen yang dibuat untuk menyelesaikan masalah-masalah secara analitik. Seven tools sendiri terdiri dari 7 alat manajemen yaitu sebagai berikut :

1.    Diagram Alir -> diagram alir ini merupakan diagram yang menggambarkan suatu proses dari awal sampai akhir, diagram alir memiliki simbol-simbol khusus.
2.    Diagram Pareto -> Sering disebut sebagai diagram prioritas, dalam diagram ini dikenal prinsip 80-20 yaitu bila menyelesaikan 20% masalah akan mendapatkan 80% hasil lebih.
3.    Checksheet -> Alat untuk melakukan pengamatan serta pengelompokkan dan sangat berguna saat melakukan survei terkait satu masalah.
4.    Histogram -> Grafik yang berkaitan dengan data distribusi dan frekuensi, biasanya disajikan dalam grafik batang.
5.    Peta Kendali -> Sebuah peta yang secara umum digunakan sebagai alat menampilkan batasan statistika, terdapat batasan atas dan batasan bawah pada tampilan peta ini. Data yang terdapat di luar dua batasan tersebut merupakan data yang tidak dapat di kontrol. Peta ini biasa digunakan dalam pendataan cacat produksi dengan kaitannya terhadap faktor penghasil produksi seperti mesin produksi.
6.    Diagram sebab akibat -> biasa disebut diagram tulang ikan dimana kepala ikan sebagai kumpulan akibat dan ekor ikan sebagai kumpulan penyebab.
7.    Diagram Tebar -> diagram yang digunakan dalam plot persebaran data. Diagram ini juga menunjukan kedekatan faktor-faktor pemunculan data yang berguna untuk meramal pergerakan data.

Referensi :
1.    http://www.anneahira.com/seven-tools.htm
2.    http://aguswibisono.com/2011/7-tujuh-tools-yang-digunakan-untuk-pengendalian-kualitas-quality-control/
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar